Traveling Tips: INDIA

Hello noisy India! Kirain ya Jakarta udah paling berisik, ternyata, kamu salah Ferguso. India jauh lebih berisik dan berantakan situasi jalanannya. Orang bilang kalau bisa nyetir di Jakarta, pasti bisa setir dimanapun. SALAH! Coba deh nyetir di India, baru kalo udah lulus pasti bisa setir dimana aja!

Delhi Gate
Okay, jadi postingan kali ini sesuai janji bakalan ngasih tips-tips penting ada  juga yang kurang penting kalau kalian mau pergi ke India. Saya ga nyangka ternyata animo orang Indonesia tentang India itu sangat tinggi! Banyak yang tertarik untuk pergi kesana. Tapi pasti bakalan mikir, India itu jorok, bahaya, apalagi buat perempuan. Well, some of them are true. India is the land of irony. Kalian bisa lihat betapa berbudaya tingginya orang India jaman dulu dengan melihat Taj Mahal, Baby Taj, Humayun Tomb's, Hawa Mahal, dan lain-lain. Tapi saat kalian keluar liat ke jalanan di luar bangunan-bangunan itu kalian bisa liat the real India. Pasar yang sangat amat rame, klakson yang ga henti-hentinya bunyi, pengemis yang neriakin "Hello, money", orang-orang lokal dan anak-anak kecil yang bilang "Photo, money". Tapi disini lah letak keindahan India, the irony. 

"Photo, Money"

Taj Mahal in the morning

With 1,3 billions people, India is a big country. Jadi ga heran kalau semua orang disana ingin bertahan hidup. Yang paling saya suka dari Indians adalah they are a very hardworking people. Ya mereka mungkin akan coba untuk scam kita dengan masang harga yang jauh lebih tinggi. Tapi mereka ga pernah nolak rejeki guys! Karena persaingan hidup disana tinggi banget!

Hawa Mahal, Mahal means Palace

So, enough the introduction about India. Mari kita bahas tips pergi ke India!


  • Hai kalian para traveler Indonesia yang akan pergi ke India, do not ever membandingkan harga disana dengan kurs Indonesia. Jadi kaya supir tuktuk nawarin 200 rupee misalnya, terus kita itung oh cuma 40.000 kok, okelah. Disitu lah kalian salah besar! Gw pun tadinya begitu, oh gapapa lah kalo dikurs cuma 10.000 oh gapapa lah murah juga ya makan cuma 40.000. Yang perlu kalian ketahui, standar harga disini dan disana sudah beda jauh. Jadi kalo ngasih supir tuktuk tips 100 rupee itu terlalu tinggi gaes! Dan kalau belanja nawar-nawar, tawarlah 70% lebih rendah dari harga yang dikasih sama mereka. Triknya adalah pura-pura pergi setelah nawar. Mereka akan kasih paling nggak 50% dari harga asli. Iya! Sesadis itu emang! There are plenty of shops that sells the same goods anyway, jadi jangan terpatok pada satu toko. Tapi hati-hati, kalau kalian ga sreg sama barang toko lain, terus balik ke toko yang tadi, harganya jadi naik gaes. Sadis lah emang perbelanjaan disana.
  • Never ever shopping on Holiday season! Atau at least, jangan belanja sebelum hari besarnya mereka. Belanjalah sehari setelahnya. Kaya kemarin kita shopping before Holi Fest, beli pashmina harganya mentok di 300 rupee, balik kesitu esok harinya harganya start di 250 rupee (belum ditawar!), terus kurta perempuan mentok di 350 rupee, besoknya diobral 100 rupee! KESEL GA SIH KALIAN!!!

  • About housing, ekspektasinya jangan tinggi-tinggi! Kita ga tau sih apa kita salah pilih hostel atau gimana, tapi waktu cek-cek penginapan kita selalu milih hostel dengan rating yang tinggi. Dan kedua-dua hostel itu menurut kita zonk bangettt. Yang di Delhi, rating tinggi tapi ternyata letaknya di pasar, literally pasar tradisionalnya mereka. Dan lalu ternyata kamar kita ga ada, terus dioper ke hostel lain yang mohon maap nih kaya kandang babi! And they cost us for 1600 rupees! Lalu yang kedua di Agra, hostelnya seperti baru banget jadi bener-bener masih belum siap untuk ditempatin. Belum ada ac di satu kamar, kamar satunya ga ada water heater. Yang paling memuaskan adalah airbnb di Jaipur, I'll talk about this where we stay on different post! Pokoknya hati-hati kalau pilih penginapan, jangan percaya gitu aja sama rating tinggi di booking.com atau situs-situs lain.
  • Belanjalah di pasar tradisional. Jangan belanja di shop yang diajak sama supir tuktuk, harganya jauh lebih mahal dan ga bisa ditawar. Toko-toko seperti itu bisa sangat persuasive menarik pembeli. Begitu kalian sampe, disuruh duduk, dikeluarin semua stok barangnya dia. Oh iya fun fact, ga kaya disini, kalau kalian belanja disana pembeli disuruh duduk manis, bilang ke mereka maunya apa, nanti mereka yang cariin. Jadi bukan kita liat-liat sendiri terus milih. Nah iya about persuasive, mereka kalau jualan setengah memaksa. Jadi kita harus galak, dan berani bilang no.  
Patrika Gate at Jawahar Circle Garden
  • Bawa masker, bawa sesuatu untuk nutupin rambut. Udaranya kotor banget soalnya, kalau bolak balik naik tuktuk rambut pasti kusut khusus untuk yang rambutnya panjang. Masker wajib banget, karna gw udah pake masker aja tiap malem kalo ngupil, upilnya item hahaha. Sesadis itu udaranya. Sampe hidung sakit banget kadang kalo buat napas. Tapi hebatnya orang lokal ga ada satu pun yang kita liat pake masker dong. Mereka udah strong banget!
  • Pake sunscreen untuk muka maupun badan. Kalian pasti gosong! 
  • Depends on the season, tapi bawa jaket untuk malam hari. Gw kesana pas banget peralihan winter ke spring. Dan siang harinya panas banget bisa sampe 40 derajat, tapi malamnya kaya di puncak, bahkan lebih dingin bisa sampe 10 derajat. 
  • Bawa baju dari sini jangan banyak-banyak. Beli baju disana lebih murah daripada bayar bagasi hahaha. Tapi jangan lupa bawa anduk sendiri, anduk yang disediain disana sih gw ga yakin bersih. Alat mandi juga kalo bisa bawa sendiri karna disana ga ada convenience store kaya alfamart gitu jadi susah juga kalo ga bawa sampo sabun sendiri, kecuali hostel menyediakan ya. Tapi jarang banget gaes haha.
  • Kalau mau repot sedikit, ga perlu sewa tuktuk atau taksi untuk seharian. Cukup nyegat di jalan, jangan lupa ditawar ya. Atau bisa pake uber atau ola. Tarifnya jauh lebih murah daripada sewa seharian. Kita sewa taksi dua hari di Delhi bayar 3000 rupee, sewa tuktuk sehari di Agra 900 rupee, di Jaipur 800 rupee. Jangan di kurs! Emang murah sih kalo diitung, tapi buat standar India itu mahal! Jadi baiknya jalan sendiri, effort nawar sendiri, atau pake uber. Satu lagi, kalau supir tuktuk bilang oh disini uber ga mau, kalian buang-buang waktu pasti nanti dicancel, JANGAN PERCAYA! Sabar sedikit, pasti akan ada supir uber yang pick up kalian walaupun sudah dicancel beberapa kali.
Galta Ji, the tuktuk driver said "No Uber here"

  • About the train, pesan jauh-jauh hari pake situs 12go,  bulan sebelum kalian berangkat, ambil kelas yang AC Sleepers, kalo mau aman dan bisa tidur nyenyak. Jangan kaya kita kemarin, telat pesan, akhirnya dibeliin sama yang punya hostel kelas sleepers karna yang lain udah penuh. Kita naik kereta Indonesia jaman dulu itu yang masuk ga dicek, naik aja seenaknya ga perlu tau nomer kursi. Dan jadi pusat perhatian. Hati-hati juga bisa kelewatan stasiunnya, karna di kereta ga ada pengumuman sama sekali! Tanya ke orang lokal, atau pake google maps supaya ga kelewatan atau kecepetan turun.
  • Beware of any scam. Scam disini bukan semata-mata langsung kalian dipalak atau dicegat di jalan gitu. No, tapi harga yang lebih mahal, terus waktu itu ya kita dianter-anter gitu sama security di Amber Fort, dan pada akhirnya dia minta 100 rupee. Pokoknya harus curiga selalu kalau ada orang lokal tiba-tiba baik. Harus selalu bilang no ke semua orang yang deket-deketin kita.
  • About sexual harassment yang selalu kedengaran gaungnya di setiap traveler perempuan. Luckily we are not in any way experienced it. Banyak sih precaution yang kita lakukan, kaya pake baju dobel-dobel, tutup muka, tutup rambut biar ga keliatan kalau lagi di stasiun. Yang paling epic adalah beli pepper spray. Untung ga dipake! Berarti masih relatif aman. Memang sih orang lokal selalu ngeliatin kita kaya liat alien, mungkin turis asia masih relatif jarang ya, dan sering banget diajak foto. Nah itu lah kita harus hati-hati, jangan terlalu ramah sama mereka. Pasang muka judes aja supaya ga dideketin.
But first, selfie
  • Dan kalau mau ikut Holi, untuk perempuan, ikut grup aja. Jangan di jalan. Waktu pagi kita liat yang Holi Fest di jalan itu laki-laki semua. Dan banyak yang sudah mabok, jadi walaupun sebenernya mungkin ga sebahaya itu, tapi orang kalo udah mabok kan tetap bahaya. Apalagi kebanyakan laki-laki. Banyak banget kok yang ngadain festival Holi in private. Kemarin kita gabung sama Holified (@letsgetholified) bayar 500 rupees per orang.

Jadi ya, perjalanan India kali ini sangat amat menyenangkan dan lancar jayaaa without no accident. Dan kalau ditanya, mau ga balik ke India. MAU BANGET! Ke tempat lain, karna India itu sangat luas, dan lucunya di kota manapun budayanya mirip-mirip. Ga kaya di Indonesia, Jakarta sama Bali aja jauh beda. Nanti Surabaya sama Semarang yang sama-sama Jawa pun beda adatnya. Di India, almost all are the same. Masih banyak juga tempat-tempat indah untuk dikunjungi. 

So, the next post will be about our itinerary and budget. See you on the next post!

Comments

Popular Posts